Minggu, 18 Januari 2015

MENANAM PADI HITAM DALAM POLYBAG

      
Zhimin Xu, Associate Professor di Departemen Ilmu Pangan  Louisiana State University Agricultural Center di Baton Rouge, La., mengatakan satu sendok dedak beras hitam mengandung lebih banyak zat antioksidan anthocyanin dibandingkan dengan satu sendok blueberry tetapi dengan sedikit gula dan lebih banyak serat serta zat antioksidan lain (vitamin E).

National Meeting of the American Chemical Society (ACS), para ilmu melaporkan bahwa beras hitam (black rice/forbidden rice) merupakan sumber makanan yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi, Black or “forbidden” rice.Menurut sejarah, orang Cina kuno telah mengenal beras hitam ribuan tahun yang lalu sebagai beras terlarang (forbidden rice), tak boleh sembarang orang dapat memakannya, hanya kalangan istana (kaisar) dan orang tertentu saja yang boleh memakannya karena kaya nutrisi,sama di Indonesia beras hitam juga telah dikenal selama ribuan tahun yang lalu dan hanya kalangan-kalangan istana saja yang boleh mengkonsumsinya.

Nah sekarang apa salah nya kita ikut menjaga Plasma Nuftah dengan menam Padi hitam di media POT/POLYBAG

A. Bahan yang dibutuhkan:
- Polybag/ember plastik dengan diameter 30-40 cm
- Benih padi
- Tanah/Tanah sawah/
- Pupuk organik/kompos

B.Penyemaian Benih
1. Masukkan benih dalam air,campurkan HORMONIK 1/4 ttup ( untuk kebutuhan tanam pot ) benih yang mengapung dibuang dan yang tenggelam biarkan rendam selama 24 jam.Setelah itu tiriskan/angin anginkan.
2. Benih diperam/bungkus daun/kain/kertas koran selama 24 jam.
3. Buatlah persemaian: 1 bagian tanah kering subur halus : 1 bagian Pupuk Organik Padat atau SUPERNASA, aduk merata, diayak. Wadah persemaian dilapisi plastik. Tinggi lahan semai 5-7cm. Semaikan benih. Tutup benih dengan media semai tadi, tipis saja sekira 1-2mm.
4. Pertahankan kelembaban benih dengan cara menyemprotnya dengan air biasa, tiap 4-6 jam. Simpan di tempat yang tidak terkena matahari langsung/teduh.

C. Pmenyiapkan Media Tanam
Buatlah media tanam: 60% tanah : 40% Pupuk Organik/kompos.Atau tanah sawah yang di campur SUPERNASA. Aduk rata. Masukkan ke dalam ember atau polybag tidak berlubang minimal 20ltr, volume 30ltr lebih baik.

D. Penanaman
1. Tanamkan benih pada usia 5-7 hari.
2. Tarik pangkal benih menggunakan tangan kanan membentuk huruf L di bagian batang akar.jaga agar butir padi (gabah) yang masih menempel tidak rusak.
3. Dorong pangkal benih secara horizontal dari pinggir hingga pangkal benih terbenam 1cm dengan butir padi menancap ke dalam tanah secara horizontal (pinggir), biarkan akar tergerai di permukaan tanah (jangan ditekan).
4. Hanya 1 batang benih, daun tidak dipotong.
5. Simpan di tempat terbuka-matahari penuh.

E. Pengairan/Penyiraman Sehari-hari
AWASI media tanam.bila kering sgera di siram

F. Panen
1. Lakukan panen seperti pada umumnya.

PEMUPUKAN AN ORGANIK DAN ORGANIK

AN ORGANIK
Takaran pupuk an organic adalah sebagai berikut :
Pemupukan I pada umur 5 HST dengan dosis UREA ½ sendok teh/pot dan Ponska dengan dosis ¼ sendok teh/pot.
Pemupukan II pada umur 25 HST dengan dosis UREA ½ sendok teh/pot dan Ponska dengan dosis ¼ sendok teh/pot.
Pemupukan III pada umur 40 HST dengan dosis Ponska ½ sendok teh/pot dan ZA dengan dosis ½ sendok teh/pot.

ORGANIK

semprot di saat usia tanam 15 hari -30 hari dan 45 hari setelah tanam..dengan HORMONIK dan POC NASA dengan komposisi takatan 1/4 ttp btol Hormonik + 1/2 ttp POCNASA ( untuk kebutuhan Padi dalam Pot/Polybag )..masukan kedalam spryer yang biasa di pakai mandikan burung dengan tambahan air bukan air kran PDAM..


SELAMAT MENCOBA..

SUMBER..dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar