Jumat, 14 November 2014

AYO TANAM CABAI DI POT


Berikut beberapa informasi yang mungkin saja dari para netter/pembaca ingin mencoba menanam tanaman cabai ala NATURAL NUSANTARA
Cabai yang  ditanam ini jenis cabai tambah turunan ke 2 (F2). benih cabai ini dibeli dari PT. Natural Nusantara (NASA) penyedia pupuk organik yang sudah terbukti memiliki kualitas yang bagus.
Mungkin para pembaca bertanya, Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk menanam cabai dalam polybag?
Benih Cabai
Yaitu menggunakan produk dari PT. NASA yang kualitas benih ini bisa dibanggakan, dan harga bibit juga lumayan murah cuma Rp. 25.000,- per sachet, 1 sachet berisikan 1500-1700 benih bibit kualitas bagus.

Tanah
Tanah yang saya pakai adalah tanah berpasir dan tanah biasa
Kompos/pupuk
Kompos/pupuk yang saya gunakan yaitu pupuk organik baik yang dari pupuk kandang (dikemas dalam sak berbentuk butiran kecil-kecil/granule, harga nya Rp. 20.000,-/sak) Atau bisa juga pakai SUPERNASA GRANUL untuk hasil lebih bagus..
Selain pupuk organik dari kotoran hewan/pupuk kandang, saya juga menggunakan produk unggulan dari PT. NASA, hasilnya Alhamd, bisa dilihat di posting saya sebelumnya tentang tanaman cabai yang saya coba di lahan yang ukurannya kecil (20x20mtr)Produk yang saya pakai adalah : POC NASA, Hormonik, Greenstar. Ketiga produk ini sangat cocok buat proses pembesaran tanaman, penggemukan daun dan proses pembuahan, lihat saja di posting saya sebelumnya umur 45 hari lebih dikit sudah lumayan besar-besar cabenya
Polybag yang saya pakai tingginya 40cm
Produk dari PT. Nasa (Pupuk organik) yang saya pakai 
Pupuk POP SUPERNASA dan POWER NUTRITION
Daun berwarna hijau tua dan segar, menandakan asupan mikro sudah terpenuhi
Pupuk kandang yang sudah di proses menjadi butiran/granule harga Rp. 20.000,-/sak atau 130.000,-/10kg

Saya lebih menyarankan memakai pupuk kandang yang sudah didalam sak, karena pupuk ini sudah matang, perbedaannya dengan pupuk kandang yang masih baru ambil dari kandang, terkadang masih mentah/masih panas jika digunakan untuk bertanam, jika tanaman kuat maka akan bagus, tapi jika tanaman gak kuat maka tanaman akan layu karena panasnya pupuk kandang tersebut, saya pribadipun juga pernah mencobanya dah akhirnya mati juga tuch tanaman

LANGKAH KEGIATAN CARA MENANAM CABAI STANDART :

Menyiapkan Bibit dengan cara :
Pilih buah cabe yang sehat, lebih besar dari yang lainnya dan matang sempurna.
Buang bagian pangkal dan ujungnya.
Sayat bagian buah yang tersisa, kemudian ambil bijinya.
Jemur ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung selama tiga hari.
atau Anda bisa membeli beniht Cabai (Kriting/tampar dan Rawit/caplak) yang berkualitas dan sudah teruji di saya dengan harga Rp. 25.000,- berisi 1500-1700 benih.
Menyemai benih, dengan cara :
Rendam benih dengan air hangat selama kurang lebih 30 menit.Rendam sehari semalam dalam larutan perangsang akar (POC NASA).Benih mengapung setelah direndam harus dibuang, karena pertumbuhannya tidak akan maksimal. Benih yang tenggelam bungkus dengan kain basah dan biarkan sehari semalam lagi.Siapkan media semai bersamaan dengan perendaman benih, berupa tanah gembur yang dicampur pupuk kandang, perbandingan 1 : 1. Masukan media semai ke dalam plastik es ber diameter 3-5 cm, tinggi 6 cm dan beri lubang secukupnya, siram larutan perangsang akar.
Semaikan benih satu per satu, tutup dengan media, tipis saja, supaya benih tidak terlihat.Jaga kelembaban dan waspada terhadap pencurian benih yang dilakukan semut.Bibit dipindah tanamkan apabila sudah memiliki empat helai daun sempurna.
Penanaman
Penyiapan Media Tanam, merupakan tempat berkembangnya akar dalam menunjang pertumbuhan tanaman yakni menyerap makanan yang berupa unsur hara melalui akarnya. Media tanam harus sudah siap paling lambat dua minggu sebelum tanam, terdiri dari tanah gembur atau top soil, kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan volume sama banyak yang diaduk sampai tercampur rata, kemudian masukan ke pot/polybag yang memiliki diameter minimal 30 cm.Fungsi bahan media tanam :
Tanah untuk mengikat unsur hara yang diserap oleh akar dengan prinsip pertukaran kation.
Pupuk Kandang untuk menjamin tersedianya bahan penting untuk pertumbuhan tanamanSeminggu sebelum tanam, media tanam disiram dengan cairan perangsang tumbuh.Bibit ditanam, minimal empat daun sempurna, sehat dan pertumbuhannya bagus.Cara penanamannya :
Buat lubang di tengah media, kira-kira lebih besar sedikit dari ukuran media bibit.Buka plastik bibit dengan cara dorong dari bawah dan jari menggenggam bagian atas. hati-hati jangan sampai merusak media dan mengakibatkan akar terputus.Masukan bibit ke lubang yang telah dibuat.
Tutup media bibit dengan media bekas pembuatan lubang, lalu ratakan.
Siram media tanam dengan air biasa secara merata.Apabila cuaca panas, agar diberi pelindung dari pelepah pisang yang ditekuk menjadi dua bagian, disungkupkan menutupi bibit menyerupai bentuk segitiga sama kaki.
Perawatan Tanaman
Penyiraman dilakukan secara rutin, setiap pagi dan sore hari, kecuali cuaca hujan
Mulai umur 7 hari sampai keluar bunga tanaman dikocor pupuk perangsang tumbuh, cukup diberi satu gelas dan diulang seminggu sekali.
Lakukan Perempelan daun-daun tua, bunga pertama dan seluruh tunas yang keluar dari ketiak daun di bawah percabangan pertama.
Pencabutan tanaman liar di media tanam sekaligus dengan mengemburkan medianya.
Serangan hama atau penyakit, lakukan dengan menyemprotkan pestisida.
Dibanding dengan bedengan tanah, penyemaian dengan polybag ini lebih menguntungkan, mengurangi resiko kematian bibit muda yang akan dipindahkan ke Polybag besar. Pengunaan polybag untuk pesemaian dipilih yang ukuran lebih kecil ukuran 10 cm, lebar 4-6 cm dan tebal 0.5 mm atau kita pilih ukuran besar seperti untuk pemindahan akhir. Polybag yang kita dipasaran biasanya sudh ada lubang aerasi , lubang pengairan. Bila masih kurang banyak di tambah lubang disekliling polybag.

Polybag yang akan dijadikan tempat pesemaian kita siapkan, masukkan tanah subur, kompos yang banyak mengandung humus. Lebih bagus lagi tanah kompos / humus kita ayak untuk menghilangkan kotoran atau terlalu besar butiran tanah. Kedalam media itu juga ditambahkan 150 gr TSP atau NPK 80 gr NPK serta 75 gram Pestisida ( bisa menggunakan Furadan,PetPetrofur, Indofuran, Curater, dll)
Untuk langkah selanjutnya biarkan polybag 2 -3 hari, untuk meratakan tanah di polybag atau dengan digyang goyang / di angkat angkat agar kerapatan media tanam terjadi.Biasanya media tanam akan menyusut beberapa cm setelah disiram. Basahi Polybag dengan menyiram air kemedia tanam 1 – 2 gayung, dengan slang sampai air hamper jenuh.
Benih Cabai dapat disemaikan dalam polybag , untuk polybag besar disa diberi lobang dengan tongkat kecil sedalm 0.5 cm, masukkan biji cabai ataur jaraknya sekitar 3-5 cm . Jumlah benih antara 10 – 15 . lubang tanaman, khusus pakai polybag ukuran lebih kecil, 4 – 6 benih per polybag..
Produk NASA yang digunakan:
POC NASA 500 cc, sebagai pupuk daun
HORMONIK 100 cc, Hormon Organik sebagai campuran POC NASA
SUPERNASA 250 gr, pupuk akar, penggembur & penyubur tanah.
POWER NUTRITION, pupuk khusus buah
NATURAL GLIO, sebagai pembasmi penyakit tanaman.
Cara Pakai:
Untuk melindungi tanaman agar tidak terserang penyakit yang berasal dari pupuk kandang, gunakan Natural GLIO. Campurkan 2 zak pupuk kandang (100 Kg) (100 Kg) + 1 botol SUPERNASA 250 gr + 1 kotak Natural GLIO 100 gr. Aduk merata, kemudian perciki dengan sedikit air. Masukkan karung kembali dan peram selama 1 bulan. Gunakan untuk mengisi tanah polybag. Ketika bibit akan dipindah ke lahan, berikan per lubang tanam 2 sendok makan.
Saat pembibitan, semprotkan per tangki + POC NASA 2 tutup
Sehari sebelum tanam, kocorkan ke bedengan Supernasa 1 sendok makan + air 10 liter gembor.
Rutin tiap 10 hari, semprotkan per tangki + POC NASA 3 tutup + HORMONIK 1 tutup.
Menjelang berbunga, segera kocorkan POWER NUTRITION 1 sendok makan + 1 sendok makan SUPERNASA + 1 sendok makan NPK / urea + air 10 liter. Per tanaman diberi 1 cangkir aqua (100 cc). Ulangi pemupukan 10 hari sekali.
Manfaat POC NASA + Hormonik:
1 liter POC NASA setara dengan 1 ton pupuk kandang, mudah diserap tanaman karena sudah berupa ion, menggemburkan tanah yang keras, meningkatkan kualitas & kuantitas hasil panen, mengandung zat pengatur tumbuh (Hormon) untuk mempercepat pertumbuhan akar, batang, daun, bunga, dan buah, meningkatkan daya tahan terhadap penyakit.
Manfaat Supernasa:
Menggemburkan dan menyuburkan kembali tanah yang keras & rusak akibat pemakaian pupuk kimia, membantu melarutkan residu pupuk kimia agar mudah diserap tanaman, mempercepat pertumbuhan tanaman, mengurangi kerontokan bunga & buah.
Manfaat Natural Glio
Agens Hayati yang berfungsi membasmi penyakit tanaman yang berasal dari pupuk kandang antara lain: lumpuh layu (layu fusarium), agar gada kobis, jamur akar putih, dll.
Manfaat Power Nutrition
Mampu meningkatkan pembuahan di luar musim, mengurangi kerontokan bunga & buah, meningkatkan mutu daging buah, menggemburkan & menyuburkan tanah, membantu melarutkan sisa pupuk kimia agar mudah diserap tanaman.

Pemesanan Produk Natural Nusantara (NASA)
Hubungi segera HERU PRIYATNO -
Distributor Resmi PT Natural Nusantara 
Jl.NUSAINDAH KOMPLEK STASIUN GANDRUNGMANGU 24
 BANTARSARI KAB CILACAP
Layanan konsultasi dan order :
Whatsapp 081393002401



Tidak ada komentar:

Posting Komentar